Dasar Penipu!

Penipuan itu datang menghampiri kami yang tidak begitu memahami birokrasi di rumah sendiri
Maksudnya Dell? Lu ditipu? l Gitu deh…
Sebuah SMS yang masuk ke BB saya pagi tadi begitu mengejutkan, bahwasanya SMS itu berasal dari seseorang yang mempunyai peran penting di IPB, yaitu bagian dari Kemahasiswaan, Pak Rimbawan. Dia (yang mengaku sebagai Pak Rimbawan) menyebutkan bahwa saya adalah salah satu mahasiswa yang beruntung karena dapat menemani Rektor IPB untuk mengahadiri Seminar Nasional DP2M DIKTI di Nusadua Bali pada tanggal 16-17 Maret mendatang. Akan tetapi saya tidak menggubris SMS penipuan tersebut karena setengah jam sebelumnya, saya sudah mendapatkan info untuk berhati-hati atas SMS penipuan yang mengatasnamakan Kemahasiswaan dan juga Rektorat IPB.


Ih sereem banget sih sampe bawa-bawa Rektorat gitu! l memang…l penipuan itu pasti modusnya uang yah? l iya lah apa lagi sih yang bisa membutakan manusia selain uang dan cinta? *eh
Dari cerita yang saya dapat sebelumnya ternyata penipuan ini menggunakan kemampuan hipnotis dalam menjerat korbannya via telepon.

Haaa via telepon?? Hipnotis?

Di dalam SMS itu juga diberikan sebuah nomor asing yang harus kami hubungi agar mendapatkan informasi lebih lengkap seputar kehadiran Seminar Nasional Dp2M Dikti di Nusadua Bali. Apesnya teman saya yang menjadi korban penipuan langsung menelpon nomor itu dan langsung berinteraksi secara personal.  Awalnya si penipu meminta teman saya ke ATM secepatnya karena dia akan mentransfer uang sebanyak 8juta untuk akomodasi ke Bali. Karena pada awalnya teman saya tidak memikirkan hal yang buruk terhadap penipu itu, teman saya langsung menuruti semua apa yang diminta oleh penipu tersebut. Kata demi kata yang memberikan sebuah perintah agar teman saya mentransfer uang yang tidak sedikit jumlahnya tidak membuat teman saya curiga. Dia hanya sesekali terkejut dengan angka nominal yang diminta oleh si penipu kepada dirinya, namun kemudian dia melanjutkan kembali proses transfer pada rekening penipu tersebut. Tidak ada penolakan dalam setiap kegiatan yang dilakukan selama dia melakukan interaksi via telepon dengan penipu itu.  Ketika proses transfer selesai, dengan tanpa rasa bersalah penipu itu meminta kepada teman saya untuk segera ke Rektorat memberikan bukti transfer rekening. Sesampainya di Rektorat, teman saya langsung menceritakan kronologi yang sudah dia alami selama satu hari penuh dan ternyata semua itu tidaklah benar. Ya, semua itu tidak benar, mulai dari SMS atas nama Pak Rimbawan, undangan Seminar Nasional di Nusadua Bali, hingga kesempatan untuk menemani seseorang paling penting di IPB. Sedih. Terkejut. Marah. Kecewa. Itulah yang dirasakan oleh teman saya sebagai korban penipuan. Bagaimana tidak, hal tersebut serasa nyata ketika dia berbicara dengan penipu yang mengaku sebagai orang dari Kemahasiswaan dan juga penipu itu membawa nama Tuhan ketika mereka sedang berinteraksi.
Ih sedih 😦l 😦

Mungkin jika saya tidak mengetahui cerita ini sebelumnya, saya akan melakukan hal yang sama. Saya akan terbuai dengan imingi-iming diberikannya kesempatan untuk menghadiri Seminar Nasional di Nusadua Bali serta mendapat uang akomodasi yang terbilang lumayan untuk menghidupi saya selama dua hari di Bali. Jika kita tanya siapa yang salah dari semua ini yaa tentu saja penipu jahat itu yang tega menipu mahasiswa seperti kami. Akan tetapi kami juga sebagai mahasiswa memiliki andil yang kuat ketika penipuan in terjadi, karena seharusnya kami mengetahui segala seluk-beluk bentuk birokrasi akademik yang ada di institusi kami sendiri. Sungguh pengalaman yang begitu berharga agar kita semakin berhati-hati dan juga untuk semakin peduli terhadap lingkungan sekitar. Semoga penipu itu cepat ditangkap dan dijerat sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kenalilah dirimu sebelum mengenali orang lain dan pahamilah seluruh peraturan di rumahmu agar hal ini tidak terjadi kembali. 
2 thoughts on “Dasar Penipu!

Leave a Reply

