Pok Tunggal Beach!

Pok Tunggal adalah nama salah satu pantai yang berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang terbilang masih perawan. Belum banyak traveler yang datang mengunjungi pantai indah ini. Tidak seperti pantai tetangga, Indrayati, yang sudah ramai dipenuhi oleh pengunjung, Pok Tunggal menunjukan kesunyiannya diantara pengunjung yang tidak terlalu ramai.
 
Perjalanan menuju Pok Tunggal dari Kota Yogyakarta memakan waktu dua jam. Cukup jauh memang dari tempat kami menginap di sekitaran Malioboro, Yogyakarta. Sebelum keberangkatan menuju Pok Tunggal kami berkumpul di salah satu pom bensin untuk menentukan akan kemana kami pagi itu dan Pok Tunggal menjadi opsi andalan untuk kami mengunjunginya. Rasa penasaran didalam hati untuk mengunjungi Pok Tunggal semakin menjadi-jadi ketika motor yang dikendarai oleh Bagas melaju menuju Kab. Gunung Kidul.
 
Pagi itu, Sabtu 25 Januari 2013, terlihat begitu cerah dengan cuaca hangat bersahabat. Keadaan lalu lintas menuju Pok Tunggal terbilang ramai lancar. Ya wajar saja karena mahasiswa masih menikmati liburan semesternya jadi tak heran jika sepanjang perjalanan kami bertemu dengan teman-teman mahasiswa lain yang juga akan berkunjung ke semenanjung pantai selatan di Pulau Jawa. Jalan yang ditempuh menuju Pok Tunggal seperti kita akan menuju puncak, berliku dan berbelok curam. Awalnya saya curiga akan dibawa kemana kami sebenarnya ini oleh teman-teman UGM yang sudah sering mengunjungi Pok Tunggal, karena jalur yang kami lewati semakin lama semakin menanjak dan tidak menunjukan tanda-tanda adanya pantai. Tetapi namanya juga anak baru, kami patuh dan terus mengikuti teman-teman UGM didepan sana.
 
Saya sangat menikmati perjalanan menuju Pok Tunggal hari itu. Saya dibonceng oleh pacar saya yang juga baru pertama kali mengunjungi Pok Tunggal. Teman satu liburan saya Citra dan Nindya diboncengi oleh laki-laki dari UGM yang sudah menjadi teman baru kami. Sekedar informasi, saya, Bagas dan Nindya mendapatkan teman baru dari UGM diperkenalkan oleh Teguh, pacar dari Citra. Wah, ternyata teman-teman UGM sangat menyenangkan dan bersahabat ^^
 
Setelah dua jam perjalanan, akhirnya kami memasuki kawasan pantai selatan Pulau Jawa. Terdapat banyak pantai di semenanjung selatan yang salah dua sudah saya ketahui adalah Indrayati dan Pok Tunggal. Terlihat puluhan mobil dan bis memadati parkiran Indrayati. Dan tidak sedikit orang-orang yang berlalu lalang di sekitaran Indrayati. Tetapi perjalanan kami belum berhenti sampai situ, kami masih berjalan menyusuri rindangnya pohon untuk menuju Pok Tunggal. Tidak terlalu jauh jarak tempuh dari Indrayati menuju Pok Tunggal. Jalan  yang kami lalui pun masih terbilang bagus dan beraspal. Sesampainya kami di pintu masuk munuju Pok Tunggal kami dihadapkan oleh jalan yang masih alami belum bersentuh aspal. Jalanan berbatu dengan tanah merah disekitarnya mengantarkan kami menuju tempat indah yang sudah kami nantikan. Jalanannya pun tidak terlalu besar dan terbilang sempit karena hanya dapat dilalui oleh satu mobil. Bayangkan saja bagaimana jika dari masing-masing arah berlawanan terdapat mobil yang saling melaju? Hmm sungguh repot untuk mengaturnya…..
 
 
Ya, setelah berjuang penuh kesabaran dengan melalui jalan kecil menuju Pok Tunggal, pada akhirnya kami semua sampai. Sungguh indah luar biasa. Tidak terlalu sepi dan juga tidak ramai, sungguh ideal untuk kita melepaskan penat dari hidup-pikuk keadaan kampus. Kami langsung berlari menuju pantai. Mencari tempat berteduh sebentar dan kembali ke arah laut. Walaupun kami tidak bermain air tetapi kami sudah cukup senang dapat bermain pasir bersama.
 
 
 
“Hal yang penting itu foto-foto, bukan basah-basahan”, ucap salah satu teman saya.
 
 
Memang benar, kami berada disini bukan untuk bermain air tetapi untuk memburu keindahan Pok Tunggal dan diabadikan dalam sebuah gambar.
 
Betapa indahnya ketika kami dihadapkan oleh hijaunya bukit dan birunya langit dan laut. Tidak ada kata selain syukur yang terus terucap di bibir kami. Indahnya alam harus tetap dilestarikan agar anak cucu kita juga dapat menikmati indahnya Indonesia.
 
 
 
Liburan kali ini sungguh menyenangkan karena sangat terasa perjuangannya. Perjuangan di semester 5 yang melelahkan terbayarkan oleh liburan singkat yang penuh haru. Pengalaman berharga didapatkan dari teman yang baru saja diperkenalkan. Terima kasih telah membawa kami melihat sosok cantik pertiwi di selatan Pulau Jawa. Lain kali biarkan kami yang memperkenalkan teman-teman menimkati hijaunya Kota Bogor.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s