Eco Fashion Day

Bukan kali pertama saya bertemu dengan pihak baru kemudian menjalin kerjasama. Tidak ada perasaan nervous atau sejenisnya. Saya menjalankan sesuai kesepakatan yang kami tentukan di awal. Kerjasama kali ini datang dari pihak Ekalokasari Plaza dalam rangkaian acara Eco Fashion Day. Eco Fashion Day merupakan bagian dari acara besar Ekalokasari Plaza di bulan Maret dengan tema Go Green Movement. Banyak rangkaian acara menarik lainnya seperti, School Recycle Product Competition, Acoustic Community Day dan yang lainnya. Tema Go Green Movement ini dibentuk untuk menumbuhkan kepeduliaan warga Bogor terhadap lingkungan sekitarnya. Selain memberikan pengetahuan seputar penggunaan barang bekas, acara yang dihadirkan juga dapat menghibur pengunjung yang datang. Niat yang mulia ini sungguh kami apresiasikan.

Eco Diction INDEX IPB 2013 and Eco Fashion Day Ekalokasari Plaza with IPB

Serupa tapi tak sama. Begitulah kira-kira penggambaran antara Eco Diction INDEX IPB 2013 dan Eco Fashion Day Ekalokasari Plaza with IPB. Ketertarikan yang muncul dari penyelenggara utama memanggil kami untuk bekerjasama dalam rangkaian acara Eco Fashion Day. Ya, Eco Fashion Day merupakan bentuk adaptasi dari rangkaian INDEX tahun lalu yang terbilang sukses. Banyak media yang mengekspose rangkaian acara tersebut, mulai dari media massa lokal hingga tingkat nasional. Sungguh bangga rasanya  bisa menjadi bagian dari INDEX 2013.

Eco Diction INDEX IPB 2013 merupakan rangkaian acara dari tema besar Go Green. Ide kreative itu muncul dari salah satu teman dekat saya, Tiara Aprillia atau biasa dipanggil Ala. Ala yang awalnya hanya iseng merancang proposal kasar kemudian mengajukan kepada Bapak Dekan FEMA, Arif Satria, dan syukur Alhamdulillah rancangan yang digambar pada secarik kertas itu lolos dan dapat menjadi bagian dari acara besar FEMA. Dengan begitu Ala secara cuma-cuma menjadi panitia di acara bergengsi BEM FEMA hihi 😀 Senang campur haru kami rasakan ketika pengajuan diterima oleh Bapak Dekan tercinta.

Setelah sukses dengan Eco Diction INDEX kami memutuskan untuk menerima tawaran kerjasama pada rangkaian acara Eco Fashion Day Ekalokasari Plaza with IPB. Dengan konsep sama yang kami bawa ternyata masih diterima oleh sebagian besar mahasiswa IPB. Eco Fashion Day ini juga melalui dua tahapan pengerjaan, yaitu tahapan lomba pengumpulan sketsa dan pembuatan produk. Acara ini diselenggarakan dalam waktu yang lebih singkat, hanya selama 20 hari. Namun walaupun begitu tidak sedikit peserta yang mengirimkan sketsa gambar kepada kami. Wow! Ternyata mahasiswa IPB itu sangat kreative loh. Gambar yang dikirimkan begitu mengagumkan.Image

salah satu contoh sketsa yang dikirimkan

Masih sama seperti konsep Eco Diction, setelah kami menerima gambar dari peserta kemudian kami memilih 10 gambar terbaik untuk dijadikan produk, baju dari bahan daur ulang. Pembuatan produk pun lagi-lagi dalam waktu yang relatif singkat yaitu sepuluh sampai sebelas hari terhitung dari pengumuman gambar yang lolos pada tanggal 17 Maret 2014. Sekali lagi, niat dan kesungguhan dari peserta Eco Fashion Day ini saya apresiasikan. Bukan hal yang mudah untuk membuat baju dari bahan daur ulang. Selain harus mencari bahan yang dibutuhkan juga membuatnya dalam bentuk karya nyata yang akan dipentaskan dua minggu mendatang.

Eco Fashion Day YEAY!

Akhirnya tibalah waktu yang kami tunggu. Tanggal 31 Maret silam menjadi saksi kerjasama pertama yang kami langsungkan di kepengurusan tahun ini. Sungguh acara yang meriah karena bukan hanya mahasiswa IPB saja yang meramaikan tetapi pengunjung dari daerah Jabodetabek turut hadir. Bagaimana tidak karena selain maksud dari diselenggarakannya acara ini oleh pihak Ekalokasari Plaza, juga pengunjung yang datang untuk melihat hasil produk baju daur ulang. Satu hal lain yang menjadi daya tarik utama pengunjung adalah juri yang turut diundang oleh Ekalokasari Plaza dan juga IPB, designer muda berbakat Barli Asmara. Waaaa… Kakak Barli sangat rapi dan siap untuk bertemu teman-teman di Ekalokasari loh. Selain itu saya diberi kesempatan untuk mendampingi Kakak Barli dan yang lainnya untuk menjadi juri perwakilan IPB di hari spesial itu ^^

ImagePengalaman berkesan karena bisa duduk di samping designer muda berbakat ^^

Eco Fashion berlangsung sukses teman-teman!! Apresiasi diberikan oleh Kakak Barli atas produk baju bahan daur ulang yang dilombakan. Tidak mudah memilih empat terbaik dari sembilan produk yang kami terima. Banyak pertimbangan yang kami berikan pada produk yang dibawakan oleh peserta. Mulai dari alasan pembuatan pakaian yang kami tanyakan kepada peserta ketika penilaian hingga bahan apa saja yang digunakan dalam proses pembuatan baju. Kreativitas menjadi modal utama yang juga kami perhitungkan dalam penilaian.

Image

Pemenang juara 3 oleh Aliffah dan El ^^

Setelah selesai tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada kakak Barli yang sudah bersedia hadir untuk menjadi juri (lagi) di acara pembuatan baju daur ulang. Kami juga tidak lupa berterimakasih kepada pihak Ekalokasari Plaza yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk bergabung di rangkaian acara bulan ini. Banyak pelajaran yang kami dapatkan. Salah satunya adalah tidak mudah menjadi seorang PR -eh curhat hehe. Semoga kita bisa bekerjasama lagi di acara lain yang tidak kalah keren dari bulan ini.

Tak ada gading yang tak retak, tapi percayalah ketika kita bersungguh-sungguh semuanya akan dimudahkan. Pengalaman memang penting tetapi yang lebih penting adalah kemauan belajar dan terus belajar. Come on guys do your best to enjoy your day!

Image

seberesnya acara kami berkesempatan foto bersama Kakak Barli ^^

salam,

@delladiningtyas

Advertisements

2 thoughts on “Eco Fashion Day

  1. Kakkkk km punya foto pemenang ngga? Ak yg juara 1 yg pake baju ka hafid ya. Fotoku ilangg. Ak pgn minta kalau ada tlg kirim ke email ya thxu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s