#SMBootcampIV

udah tenang aja ambil segala hikmah dari semuanya…

Begitulah kira-kira penguatan yang kami ciptakan. Setelah keberangkatan di bulan Februari diundur karena masalah cuaca untuk kedua kalinya kami harus kembali bersabar. Diundurnya keberangkatan kali ini bukan karena alasan yang sama tentu saja, tapi karena suatu hal yang sedang hangat dibicarakan. Ya ini soal izin ekspor mineral yang tersendat.

waw bagaimana mungkin hal itu bisa menganggu kegiatan SM Bootcamp IV?

SM Bootcamp adalah program khusus yang diberikan untuk melihat secara langsung proses pertambangan dan aktivitas masyarakat di sekitar area tambang Batu Hijau, Kab. Sumbawa Barat. Aktivitas pertambangan yang akan kami lihat dimulai dari batuan ditambang, diproses, pemantauan terhadap lingkungan hingga persiapan penutupan tambang. Akan tetapi persoalan izin ekspor menghambat keberangkatan kami. Hal ini kemudian menghambat pula aktivitas pertambangan di area Batu Hijau. Jadi jika proses pertambangan di Kab Sumbawa Barat sedang terganggu lalu bagaimana mungkin aktivitas pertambangan yang sebenarnya bisa terlihat? Inilah yang menjadi pertimbangan PT. Newmont Nusa Tenggara sebagai pihak penyelenggara yang tidak ingin mengecewakan kami sebagai peserta.

#Akurapopo #Savesumbawa #SMBootcampIV

Sedih dan kecewa adalah hal yang wajar menurut saya. Sudah banyak bayangan apa saja yang akan kami lakukan nantinya. Bahkan saya sudah mempersiakan baju apa saja yang akan saya bawa kesana hehe :p . Tetapi kami tetap menghormati keputusan dari pihak penyelenggara. Kami pun ingin melihat proses pertambangan yang sebenarnya, bukan hanya sekedar jalan-jalan. Toh kegiatan #SMBootcampIV ini hanya akan diundur waktunya, bukan dibatalkan loh. Jadi rasanya kesabaran adalah kunci utama yang harus kami bawa.

Saya bangga menjadi bagian dari #SMBootcampIV. Apalagi begitu saya tahu kalau ternyata ada lebih dari 500 tulisan yang masuk mengikuti kompetisi ini dan saya adalah salah seorang dari 21 lainnya yang lolos untuk pergi ke Kab. Sumbawa Barat. Selain itu saya dapat bertemu banyak orang hebat di komunitas ini. Mulai dari pihak penyelenggara (PTNNT) yang begitu mengusahakan berlangsungnya kegiatan ini, penulis dari berbagai kalangan, mahasiswa yang aktif di kampusnya, hingga seorang programmer dari salah satu perusahaan swasta. Rasanya saya turut menjadi orang hebat ketika berkumpul bersama teman-teman yang lainnya :’) .

Image

Peserta #SMBootcampIV

#Akurapopo kalau harus mengurus surat izin ulang. #Akurapopo kalau memang harus mengundur keberangkatan. Asalkan Sumbawa Barat tetap aman dan tentram sebagaimana yang kita inginkan. Tentu #Savesumbawa harus dilakukan! Semoga masalah ini tidak berlarut-larut karena banyak perut masyarakat Kab. Sumbawa Barat yang harus dipenuhi haknya. Doa terbaik akan selalu kami panjatkan untuk semuanya ^^.

salam,

@delladiningtyas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s