Kita Sebut Toleransi

“… karena toleransi tidak bisa hanya diajarkan, tapi toleransi harus dialami dan dirasakan”

-sabangmeraukeID

Indonesia kembali berduka. Bencana itu datang di penghujung tahun 2014. Siapa yang sangka kalau maskapai sekelas Air Asia mengalami musibah besar di penerbangannya kali itu. Namanya takdir, tidak ada manusia yang bisa menentukan atau juga membantah, hanya Allah Maha Pemilik Kuasa.

Hampir seluruh kicauan yang ada di timeline twitter melayangkan ucapan bela sungkawa atas jatuhnya pesawat Air Asia tiga hari lalu di sekitar (atau sedikit jauh) dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Sampai sekarang belum ada yang tau pasti penyebab jatuhnya pesawat rute Surabaya-Singapur pada 28 Desember lalu. Berita online datang silih berganti berpacu dalam waktu. Tidak sedikit dari setiap halaman website berita online saling berlomba untuk mendapatkan simpati publik. Kebutuhan pekerjaan memang. Biarlah toh informasi yang kita dapatkan sekarang adalah hasil jerih payah mereka semua.

***

Ada hal yang mendilema malam ini. Tawaran sahabat untuk berkumpul bersama di akhir tahun datang setelah Indonesia dirundung bencana. Perasaan ingin turut serta harus berkecamuk dengan duka Indonesia saat ini. Kata toleransi kemudian menjadi booming setelah semuanya terjadi, alih-alih sikap saling menghargai mereka bilang. Tentu saya setuju untuk kita bertoleransi pada keluarga korban yang kehilangan. Itu kan menandakan kalau kita masih memiliki hati nurani.

“Mana, katanya kita satu Indonesia? Katanya kita junjung tinggi toleran dan empati? Duka Indonesia begitu besar. Ada yang berduka. Ada yang mau berpesta”

-bayprio

Semoga setiap kegiatan yang kita lakukan nantinya tidak salah langkah. Ambil hikmah dari setiap kejadian, jangan bersenang-senang di atas penderitaan orang. Kencangkan niat untuk tetap pada tujuan baik untuk berubah menjadi lebih baik. Semoga kita selalu berada dalam lindungaNya. Doa terpanjat dari lubuk hati terdalam untuk Indonesia yang dirundung duka akhir tahun.

#IndonesiaKuat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s