Kartu Nama : Alat Promosi Diri, Bro!

Kehidupan yang kita jalani saat ini merupakan bentuk dari perubahan zaman sebelumnya. Kalau boleh dibilang kita adalah agen pembaharu yang bisa membuat segalanya menjadi lebih baik dan lebih mudah. Inovasi yang sudah ada adalah bentuk penemuan baru yang tentunya berbeda dari yang sebelumnya. Faktor yang mendasari adanya perubahan tersebut juga sangat beragam, salah duanya ialah faktor perubahan teknologi dan faktor perilaku sosial budaya masyarakat. Inovasi menjadi mahal harganya karena suatu inovasi mampu meningkatkan nilai tambah dari fungsi barang dan jasa yang ada. Contoh dari inovasi yang kita rasakan saat ini adalah kemampuan berinteraksi dengan sesama yang semakin mudah melalui teknologi digital, seperti aplikasi media sosial Twitter, LinkeIn dan Facebook. Tradisional Belum Tentu Kuno, Bro! Sebelum adanya aplikasi media sosial yang semakin menjamur, interaksi komunikasi primer manusia jauh lebih tinggi. Tidak seperti sekarang, setiap tindak tanduk kegiatan yang kita lakukan belum tentu melibatkan kontak fisik langsung dengan sesama. Padahal seperti apa yang pernah dosen saya sampaikan di kelas, bahwa komunikasi primer masih memegang peran penting untuk manusia menyampaikan pesan. Coba bayangkan jika kita berkomunikasi tanpa ada perasan yang tersampaikan untuk komunikan? Tentunya arti pesan yang kita sampaikan itu tidak memiliki jiwa seperti bagaimana jika kita mengungkapkannya secara langsung. Tapi, kita terlalu terlena dengan kemudahan yang sudah ditawarkan ini, hingga kita lupa akan kebiasaan tradisional yang sudah diajarkan para pendahulu kita. Hmmm Contoh lain kemudahan yang kita rasakan di zaman digital ini adalah kita bisa dengan mudah menemukan informasi data diri seseorang hanya dengan satu kali klik di halaman website Google.com. Kita tidak perlu susah payah menanyakan kepada orang lain atau pun mencari lagi kartu nama si empunya. Sepertinya kebisaan memberi kartu nama sudah dipandang kuno oleh sebagian orang yang larut pada revolusi digital dalam teknologi dunia.

X: Bro, zaman aja bisa berubah, bro, masa kebiasaan ngasih kartu nama setiap reuni masih aja lu, bro? Y: Zaman boleh aja berubah dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknlogi digital,bro, tapi jangan sampe ngerubah kebiasaan kita untuk promosi diri lewat kartu nama, bro! Koleksi kartu nama kolega bakal berguna nantinya, loh bro.

Kebiasaan tradisional memberi kartu nama kepada setiap kolega yang hadir di acara pertemuan sudah semakin pudar dilakukan. Selain dipandang kuno, kita sudah terbiasa untuk segera membuka layar smartphone ketika ingin menyimpan data diri milik kolega lain di aplikasi phone book. Kalau dipikir ulang kegiatan ini juga tidak sefektif yang kita bayangkan. Artinya, kita harus menyimpan data diri dengan mengetik informasi data di layar smartphone sebanyak jumlah kolega yang hadir pada pertemuan tersebut.

Niatnya sih mau promosiin diri lewat aplikasi smartphone yang kita punya, eh lama juga yah harus antre sama temen yang lainnya…

Nah, inovasi yang sudah ada saat ini memang memberikan kita banyak keuntungan, tapi kegiatan tradisional para sesepuh untuk memberi kartu nama pada koleganya tidak bisa dengan mudah kita cap kuno kan? Buktinya kita masih membutuhkan kebiasaan itu untuk bisa mengefisienkan waktu saat kumpul bersama. Tahapan yang dilakukan juga tidak seribet jika kita menyimpan informasi data diri di smartphone milik kolega. Kita hanya perlu memberikan kartu nama, lalu mereka menyimpannya tanpa perlu menyebarkan smartphone untuk diedarkan saat pertemuan hehe. Selain itu, interaksi komunikasi primer saat acara pertemuan bisa jauh lebih banyak, sehingga waktu mengobrol bersama kolega pun bisa jauh lebih intens hehe. Itu alasannya mengapa kartu nama masih memegang peran sebagai alat promosi diri kita, bro! Koleksi kartu nama kolega juga keren kok, pasti kita akan membutuhkannya suatu saat nanti ketika akses yang kita miliki tidak lebih mudah yang kita dapatkan sekarang (re: susah sinyal untuk mencari informasi data diri kolega melalui aplikasi media sosial atau smartphone yang menyimpan informasi data diri kolega sedang rusak), asalkan kita bisa memanajemen baik untuk menyimpannya, bro!

Nah, untuk kamu yang suka promosiin diri sebagai blogger atau pun aktivis social media, kita bisa loh bikin kartu nama blogger juga. Malah kita bisa pesan kartu nama secara online di www.kartunama.net hehe. Tentunya kartu nama yang kita pesan punya design yang oke punya.

Masih mikir kalau kartu nama itu tradisional dan kuno? Pikir lagi deh, bro!

Advertisements

2 thoughts on “Kartu Nama : Alat Promosi Diri, Bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s