Hello Sumbawa Barat!

“I’m in love the cities. So, I put down the map and get the wonderfully lost.”

Indonesia bagian tengah baru saja saya singgahi, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), NTB, saya menikmati setiap detik perjalanan. Angin telah membawa saya ke tempat indah di belahan Indonesia lainnya yang jauh dari kota kelahiran. Bersama teman-teman satu tim di #NewmontBootcamp, kami menyebrangi Pulau Jawa untuk mendapatkan pengalaman baru di NTB.

Layaknya Avatar yang mempunyai kemampuan dalam mengendalikan elemen angin, air, tanah dan api, kami dari #NewmontBootcamp pun harus melewati perjalanan panjang yang mengandung tiga elemen Avatar untuk sampai ke Sumbawa Barat. Mulai dari jalur darat yang membutuhkan elemen tanah kami pijaki di setiap jejak perjalanan, jalur udara yang membutuhkan elemen angin dan udara sudah pasti kami lewati untuk bisa sampai ke KSB, dan ternyata kami juga harus melewati jalur air mennggunakan kapal boat yang membelah Selat Alas hingga kami benar-benar sampai di tempat tujuan. Kalau dipikir-pikir ternyata perjalanan tim #NewmontBootcamp menuju KSB jauh juga, yah. But, we’re have so much fun, loh!

IMG_20150118_080003

Let us take the photo before go to KSB!

Hello KSB, cantik sekali!

Capeknya perjalanan kami pada tanggal 18 Januari 2015 lalu terbayar dengan indahnya pemandangan hijau di KSB. Pohon rindang dengan langit biru di atasnya dapat dengan mudah saya temukan setelah turun berlayar bersama teman-teman #NewmontBootcamp. Semua rasa lelah hilang seketika setelah disambut oleh angin sepoi yang menggerakan setiap daun tanaman ke arah kami. Hawa berangin yang menyambut kami kemudian mengingatkan saya pada Kota Hujan yang sedang saya tinggal itu.

Maafkan aku Bogor, aku ingin menjelajahi KSB untuk sekejap sebelum kembali pada peraduan mu.IMG_20150118_214208

Selfie time with ma bro!

Pulau Sumbawa memang menjadi salah satu destinasi untuk bisa saya kunjungi nantinya. Cerita akan cantiknya Sumbawa pernah dibawa oleh salah dua teman yang pernah datang berkunjung sebelum saya. Kak Lukman dan Kak Rajib menjadi teman untuk saling berbagi kalau Sumbawa memanglah cantik. Mereka berdua menjadi bagian yang mengharuskan saya menikmati setiap hembusan nafas dari udara yang saya hirup di salah satu pulau tercantik yang ada. Dan saya mengakui bahwa Pulau Sumbawa, tepatnya di KSB memiliki pemandangan alam yang begitu indah.

IMG_20150122_174604

Bukti keindahan alam yang dimiliki KSB di Pelabuhan Benete.

Seperti yang pernah saya tulis di halaman sebelumnya, untuk bisa sampai KSB saya diundang langsung oleh PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) untuk melihat melihat lebih dekat operasi tambang dan kehidupan sekitarnya. Untuk keindahan lain yang saya dapatkan di KSB bisa saya gambarkan dari pepatah lama yang kita tahu, kalau sambil menyelam minum air sangat cocok untuk saya tuliskan. Ya, sambil saya menikmati hijaunya lokasi pertambangan, saya juga bisa menikmati birunya laut yang beradu dengan biru milik langit.

IMG-20150122-WA0009

Kombinasi hijau dan biru dari Pantai Lawar (Dok: Daniel Mashudi)

Setelah saya diberi kesempatan melihat indahnya KSB oleh PTNNT, saya mulai kembali merancang mimpi untuk berlayar ke bagian barat Indonesia. Lampung mungkin menjadi destinasi saya selanjutnya untuk dijejaki oleh kaki saya yang selalu haus akan keindahan. Tentu saja setelah urusan akademik di IPB ini beres, yah. Saya masih harus melakukan penelitian di salah satu organisasi non profit yang bergerak gencar pada isu lingkungan, kemudian akan segera saya rebut surat tanda kelulusan dari kampus Mei mendatang. Semoga!

Thank You KSB, I’ll never regret already visited you!

18 thoughts on “Hello Sumbawa Barat!

  1. Ada nama Kak Lukman dan Kak Rajib hihihi.
    Well, I’m so proud of you, Adeeeel! By your brilliant writing you got that chance to go there.
    Next trip kemana lagi nih? Ajak Eksa dong 😉

Leave a Reply

