Cah Batu, Rek!

“Traveling leaves you speechless, then turns into you a storyteller ” – Anonymous 

DSC_1323

Panda goes to Batu-Ngalam!

Januari kali ini saya sudah merasakan nikmatnya udara pagi di Kota Batu, Jawa Timur. But before I tell you the whole story, I want to flashback for my great trip ever in 2015 with the good team in the same airport at the same time and in the same weather. Yes, last year also in January, I went to Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, as a participation of Sustainable Mining Bootcamp IV! Pengalaman bisa mengunjungi pulau di luar Jawa membuat saya sangat bersemangat. Ya, wajar dong ya, saya yang lahir dan besar di Bogor ini selama 16 tahun hanya berkutat di Kota Bogor-Jakarta-Bandung-Kuningan-Cirebon saja, jadi begitu melihat indahnya alam Indonesia bagian Timur membuat saya sedikit norak :p!

10425480_844597675596322_4300524884472454270_n  SMB Batch IV Team!

So, I feel blessed when my user asked me to join Kumbang EH Indonesia 2016 in Batu! Thaaaannnkkkk You, God, I can see the beautiful of Indonesia again ^^

And back to the Topic... Ada hal lain yang membuat saya excited untuk bisa hadir Kumbang EH 2016 di Batu kemarin. Selain keinginan untuk mengunjungi Batu dalam waktu dekat, juga sudah lama saya tidak meregangkan otot yang kejang karena pekerjaan #eak. Ya…. Walaupun kemarin itu hanya perjalanan dinas yang tidak memungkinkan saya berwisata menjelajah Batu, but I enjoyed it!

Batu Itu Keras!

Katanya: “Batu itu dingin, Batu itu sejuk, kalau ke Batu pakai baju tebal, yah!”

Tapi, nyatanya, Batu itu tidak terlalu dingin, Batu memang sejuk, tapi tidak perlu pakai baju tebal jika ke Batu. Karena kondisi yang mereka ceritakan pada saya tentang dinginnya Batu sudah tidak berlaku lagi sekarang. Please don’t ask me why, I wouldn’t tell you about a global warming issue :’) maybe latter… 

Dan, bagian paling penting dari yang paling penting yang saya bilang penting #halah dari perjalan kemarin adalah kesempatan melihat semangat juang anak bangsa untuk mengedukasi para calon pemimpin bangsa lain di luar sana akan pentingnya menjaga lingkungan kita. Yes, Kumbang atau Kumpul Belajar Bareng Earth Hour Indonesia 2016 merupakan annual event dari WWF-Indonesia untuk memberikan ruang diskusi bagi mereka yang memiliki daya juang tinggi menjaga alam #duhberatyahbahasanya

DSC_1466

Kelompok Kecil Diskusi Kumbang EH 2016

Para Koordinator EH dari seluruh Indonesia didatangkan ke Batu untuk saling bertukar pikiran tentang lingkungan sekitar yang katanya sih sudah semakin buruk. Uhuk… nyatanya memang buruk, kok…

Acara yang berlangsung dari 28-31 Januari kemarin juga membuka pikiran saya jika dunia memang sudah semakin keras seperti batu! Apalagi banyaknya orang kece yang datang sebagai narasumber! Seperti bapak blogger kita Ndorokakung, Mas Agung dari Twitter Indonesia dan Sid Das dari EH Global. Batu memanas!

Kegiatan tukar pikiran dari masing-masing koordinator kota di Indonesia ini pun memberikan pandangan baru kepada saya tentang kondisi alam kita saat ini. Masalah klasik seperti sampah dan penggunaan kantong plastik yang boros terasa jengah untuk diulas, namun penting diedukasi. Pokoknya Batu menjadi sekeras batu begitu kami datang berkungjung! Maaf yah warga Batu 😦

DSC_1459

Sid Das from EH Global

So, semangat terus yah koordinator EH Indonesia! Apalah artinya alam Indonesia tanpa kalian 🙂 Dan semoga saya bisa menularkan semangat juang kalian ke teman-teman MarineBuddies Indonesia! I’m really proud of you!

Leave a Reply

