MPKMB 48

MPKMB 48..
kami datang menjadi penerus nusa bangsa
di IPB membangun impian
pertanian masa depan menggalang persahabatan..

Sepenggal lirik yang selalu kami nyanyikan tiga hari terakhir ini. Dimulai dari MPKMB48 ini aku mendapatkan sesuatu yang baru dan sesuatu yang berwarna. Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru 48 (MPKMB) adalah acara tahunan BEM KM IPB. Acara ini berbeda dengan ospek yang ada di perguruan tinggi lain di Indonesia, tujuan dari acara ini yang aku tahu untuk menyatukan visi dan hati mahasiswa IPB 🙂

Saat sosialisasi MPKMB, kami diwajibkan memakai kemeja lengan panjang, rok panjang yang didalamnya memakai training warna gelap, sepatu yang menutupi punggung kaki dan kaos kaki putih, sungguh membuat hati ini panas sepanas tubuhku yang tak terbiasa mengenakan itu semua. Selain mendapat SOP-yang-panas-luar-biasa, kami diajari untuk menyanyikan serta menarikan themesong MPKMB 48. Themesong MPKMB48 mempunyai lirik yang terbilang unik untuk setiap baitnya, nadanya pun terbilang pas dengan genre pop. MPKMB48 ini mempunyai 35 laskar yang sebanyak tujuh laskar membentuk satu garda. Untuk setiap laskar mempunyai empat orang PJLT dan dua orang KPK. PJLT adalah mereka yang memberi bimbingan untuk setiap laskar dan KPK sebagai pengawas kedisplinan yang akan meledak saat kami melakukan kesalahan. Peran PJLT terbilang sangat baik dan penuh kesabaran yang sungguh berbeda dengan peran KPK yang selalu bermuka masam. Akan tetapi peran KPK disini sungguh membantu kami para peserta MPKMB saat sosialisasi atau pun mobilisasi MPKMB berlangsung. Mereka selalu sigap menertibkan kami semua sepeti seorang pengembala yang sedang mengatur kambingnya masuk kandang haha (males banget disamain sama kambing :p).

Hari pertama MPKMB kami disambut meriah di lapangan belakang gymnasium IPB. Banyak balon berwarna-warni terpasang di panggung, lagu-lagu penyemangat disenandungkan dan bangku-bangku yang berjajar rapi. Saat melihat itu semua, bulu kudukku langsung berdiri. KEREN! Siapa sangka acara yang membuat tubuhku panas ini sungguh meriah. Setelah dari gym untuk melakukan apel, kami dipinah tempatkan ke GWW untuk acara utama. Di GWW pun tidak kalah menarik. Kami lagi-lagi disambut meriah oleh hiasan-hiasan cantik dan lagu-lagu menarik. Isi acara yang dibawakan oleh pantia pelaksana tidaklah membosankan. Kami dapat bertemu dengan Pak Herry sebagai Rektor IPB yang begitu bersahabat dan PresMa IPB yang ehem ganteng haha :p. Pak Herry memaparkan kondisi pertanian saat ini, beliau membuat kami merasa sedih akan keterpurukan bangsa ini. Akan tetapi, beliau pun membarakan gelora diri kami untuk dapat memajukan pertanian Indonesia kembali. Setelah hari pertama usai tak heran kami semua mendambakan hari kedua MPMKB48.

Registrasi akhir Mei lalu, kami bertemu dengan wakil mentri pertanian kabinet Indonesia Bersatu jilid 2, dan saat hari kedua MPKMB kami semua dapat berjumpa dengan Pak Suswono sebagai Mentri pertanian kabinet Indonesia Bersatu jilid 2 ini dan Pak Anton sebagai Mentri pertanian kabinet Indonesia Bersatu jilid 1. wow! Suatu kehormatan, kami mendapat kunjungan dari beliau-beliau yang mempunyai peran penting untuk negeri ini, dan sekali lagi beliau membarakan gelora kami untuk memajukan pertanian indonesia untuk tahun-tahun mendatang.

Hari akhir untuk MPKMB48 kami disuguhi permainan-permainan menarik, siraman horani dari dosen agama IPB dan apel penutup yang luar biasa dahsyat dimana KPK yang terbilang masam dapat tersenyum manis saat penutupan acara.

Terima kasih untuk PJLT + KPK laskar 12, untuk putri tani + putra tani 12, untuk berly + nila maskot 12 yang udah meramaikan laskar 12 ini dan untuk panitia MPKMB48. Acara akang teteh sungguh berkesan untuk kami semua, semoga kami dapat seperti kalian yang sudah bisa mengharumkan nama almamater kami semua, yaitu IPB tercinta 🙂

Advertisements

IYA dan TIDAK

YA, gue memang sempet optimis kalau gue bakal dapet nilai bagus, tapi ternyata TIDAK begitu kenyataannya. YA, gue udah menyiapkan sebuah ruang untuk kegagalan yang tak diduga ini, tapi ruang itu TIDAK cukup besar dengan apa yang gue butuhin sekarang . YA, gue merasa gagal untuk saat ini, tapi TIDAK untuk lain kali

….

Udah sebulan lebih 3 hari gue jadi mahasiswa, ngerasin tinggal di asrama TPB IPB, kuliah di kelas besar, dan jauh dari cowok gue. Nano-nano abis deh rasa dari semua yang udah gue jalanin selama ini. Tinggal di asrama ga seburuk apa yang gue bayangin sebulan lalu haha -o-. Di asrama gw ngelakuin hal-hal yang jarang banget bahkan ga pernah gue kerjain. subhanallah banget deh buat gue yang sekarang 😀 .

Hari ini, 1 Agustus adalah hari senin pertama dan tanggal pertama di bulan Agustus pada tahun Masehi dan hari senin pertama serta tanggal pertama di bulan Ramadhan pada tahun Hijriah. Hari ini juga sebagai hari penutup matrikulasi yang udah gue jalanin selama sebulan terakhir ini. WAW! gue awalnya ngarep banget kalau gue bakal sukses ngejalanin UAS pertama gue. heeem tapi nyatanya 😥 .
Gue tau kok kalau miracle itu datengnya karena usaha dari kita sendiri, tapi apa yang salah dari sebulan yang udah gue jalanin ini? Gue lakuain semua kewajiban gue kok. Gue ngerasa ini bakal baik-baik aja sebelum gue ngerjain soal UAS dan tau kalau nilai UTS gue bikin raaaaawr! Sekarang gue mau semarah apa pun, sejengkel apa pun atau mau nangis darah juga percuma. Toh, itu ga akan memperbaiki semuanya. mungkin gue udah punya rasa sabar sekarang, tapi gue belum punya rasa ikhlas.Gue butuh banget itu, tapi gue gatau gimana cara dapetin rasa itu :((